February 13, 2019

5 Ancaman Sisi buruk dibalik indahnya karpet permadani yang perlu anda ketahui

Karpet adalah sebuah perlengkapan tambahan untuk memberi alas diatas lantai biasa disebut Karpet Lantai atau jika dipasang di kantor maka biasanya disebut karpet kantor yang disesuaikan dengan tempat serta fungsinya seperti karpet masjid contohnya, sedangkan permadani adalah karpet untuk alas lantai yang biasa digunakan diruang ruang seperti tamu, berkumpul keluarga atau ruang tempat tidur. Karpet menurut Wikipedia : Permadani atau ambal atau karpet adalah tekstil penutup lantai, terdiri dari lapisan atas “berbulu” yang melekat pada alasnya. Tumpukan permadani umumnya terbuat dari wol atau serat buatan manusia seperti polypropylene, dan biasanya terdiri dari lilitan-lilitan jumbai yang acapkali dipanaskan untuk mempertahankan struktur mereka.

Istilah “karpet” sendiri berasal dari kata dalam Bahasa Italia kuno carpita, “carpire” yang berarti membului. Kata karpet biasanya dipakai juga untuk menyebut permadani, di mana permadani Persia diperkenalkan setelah dibukanya jalur perdangangan dengan Eropa barat pada abad ke-17. Dalam sejarahnya karpet atau permadani dipakai juga untuk menyebut penutup meja maupun dinding, karena karpet tidak lazim dipakai untuk menutupi lantai di Eropa hingga abad ke-18.

5 Ancaman Sisi buruk dibalik indahnya karpet permadani yang perlu anda ketahui

Gambar beberapa karpet lantai dari berbagai macam merek serta kategori yang tersesuaikan dengan fungsi serta nilai ekstetikanya. Karpet adalah salah satu alas lantai yang sangat mudah kotor serta mudah sekali menyimpan kotoran seperti debu maka sudah seharusnya anda semua mengetahu hal dasar pada karpet lantai atau permadani anda oleh karna yang terpenting anda harus mengetahui atau memahami Cara membersihkan karpet lantai yang baik dan benar. Dan berikut adalah beberapa Ancaman Sisi buruk dibalik indahnya karpet permadani yang perlu anda ketahui :

  1. Tumpukan debu dalam jumlah banyak dapat menyebabkan timbulnya penyakit seperti, asma, gatal-gatal, alergi kulit, paru-paru sampai pada kanker.
  2. Timbulnya bahaya pada karpet yang kotor diantaranya adalah merkuri, pestisida, timbale serta zat karsinogen bifenol yang mengandung poliklorin (PCB) serta hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH).
  3. Terdapat virus, bakteri serta kuman yang menyebabkan penyakit pneumonia atau penyakit pernapasan.
  4. Timbulnya kutu-kutu yang sangat mengganggu kesehatan.
  5. Terdapat Escherichia coli atau disingkat E. coli adalah bakteri yang umum ditemukan di dalam usus manusia.

Seringkali karpet lantai atau ambal atau permadani bisa sekilas terlihat bersih dari luar permukaan, padahal sebenarnya sangat banyak bakteri atau kotoran yang bersarang di dalam karpet lantai tersebut. Maka sudah seharusnya karpet latnai permadani anda dibersihkan sesering mungkin untuk memperhatikan kebersihan karpet permadani anda demi terjaganya kesehatan keluarga anda tentunya, karna mengingat bahaya atas 5 ancaman dibaliknya indahnya karpet permadani tersebut sangat riskan sekali apabila anda menghiraukan soal kebersihan karpet lantai permadani tersebut. Dan demikianlah artikel ini kami buat agar menjadi manfaat bagi kita semua agar terhidar dari penyakit yang ditimbulkan oleh karpet yang kotor.

 

Source : sains.kompas.com, bersihwangi.com, reresikapik.com

Gambar : saharakarpet.com/shop

Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − 5 =

X